Ramadhan Adalah Bulan Yang Menyeramkan Bagi Santri Seperti Saya

Ramadhan Adalah Bulan Yang Menyeramkan Bagi Santri Seperti Saya

Nyoret.com – Jika anda berharap saya salah menulis judul di atas, mohon maaf saya benar-benar sengaja menulis judul tersebut. Sebagai santri saya benar-benar tau akan apa yang saya tulis. Baik, sedikit tentang santri. Santri adalah sebutan untuk para pelajar agama Islam di Indonesia. Ya, saya pikir semua orang tau akan hal itu. Biasanya santri akan menghabiskan …

Azyumardi Azra dalam Kebhinnekaan Indonesia

Azyumardi Azra dalam Kebhinnekaan Indonesia

Nyoret.com – Nama Azyumardi Azra sudah tidak asing lagi bagi kalangan aktivis mahasiswa, terutama kalangan HMI. Ia merupakan salah satu nama cendekiawan muslim yang fokus membahas masalah kajian keagamaan baik dari sisi historis maupun kontemporer dan juga merupakan guru besar dari prodi Sejarah Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Syarif Jakarta (UIN Ciputat). Dikutip dari artikel …

Cerita Sukses Bunda Eksa Beri Anaknya Generos

Cerita Sukses Bunda Eksa Beri Anaknya Generos

Nyoret.com – Kamis siang kemarin (29/4/21) pukul 11.30 WIB saya mengirim pesan WhatsApp ke salah satu pelanggan Generos. Maksud hati ingin mengetahui perkembangan anaknya setelah mengonsumsi suplemen herbal tersebut dan bagaimana awalnya sampai dia bisa jatuh hati pada Generos. Bak gayung bersambut, ibu muda itu berbaik hati sehingga mau diwawancarai. Layaknya orang kebanyakan, obrolan dimulai …

Buka Bersama Waktu SD Dulu Emang Tidak Terlupakan

Buka Bersama Waktu SD Dulu Emang Tidak Terlupakan

Nyoret.com – Biasanya di Bulan Ramadhan ada satu agenda yang lazim dilakukan yaitu bukber alias buka bersama. Buka bersama ini juga sebagai sarana untuk reuni temu kangen dengan kawan kawan. Ada banyak macam macam buka bersama nih, mulai dari buka bersama dengan gebetan, keluarga besar, teman sekolah, teman organisasi, dan lain-lain. Tempat buka bersama biasanya mulai …

Memoar Rasa

Memoar Rasa

Nyoret.com – “Pulang atau gak pulang, rumah bukan alasan gue buat istirahat. Semua pergi, termasuk diri gue sendiri yang gak akan pernah lagi menginjakkan kaki dirumah itu” *** Ya! Kisah hidup gue berakhir di tahun 2017, ketika seorang yang mulai gue jaga hatinya. Lebih menjaga perasaan orang lain, gue gak tahu Tuhan sedang berencana apa …

Lentera Mimpi

Lentera Mimpi

Nyoret.com – “Aku mengenal mu tanpa sengaja, dan menyayangi mu secara tiba-tiba.” *** Langkah gadis manis bernama Sari Anandita atau biasa dipanggil Sari bersama ketiga sahabat nya yang  mengarungi sekolah. Langkahnya menyapu pandangan setiap orang. Selain manis, Sari juga seseorang yang pandai. Ia memiliki dua sahabat yang selalu menemaninya yang bernama Lia dan juga Sinta. …

Life is Hard, Death is Cheap !

Life is Hard, Death is Cheap !

Nyoret.com – Terkadang setiap manusia memiliki sebuah keputusan yang di peroleh hasil dari apa yang dialami, namun tak banyak manusia yang mengalami keputusan hasil yang tanpa persiapan lebih dan matang, perihal urusan itu berhasil atau tidak berangkatlah dari proses yang dialaminya, ternyata memang proses hidup manusia berbeda-beda tidaklah sama dengan satu manusia lainnya. Namun pernah …

Sejarah Ondel-Ondel

Sejarah Ondel-Ondel

Nyoret.com – Ondel-ondel merupakan bagian dari tradisi masyarakat Betawi. Yang meruapan ikon kota Jakarta. Kehadiran ondel-ondel dianggap sakral, kerena Sejak dulu eksistensi ondel-ondel terkenal sebagai boneka penolak bala atau gangguan roh halus yang gentayangan loh. Nah makanye ondel-ondel terkesen menyeramkan. Biasanye ondel-ondel sering ditampilakan dalam pesta-pesta rakyat, seperti perikahan, sunatan, penyambutan tamu terhomat dll Ondel-ondel …

Transisi Titik Krusial

Transisi Titik Krusial

Nyoret.com – Di hari September itu, ya!!! aku tak boleh menyebut tanggal berapa, karena suka banyak yang kirim kue. Apalagi kue yang bergambar love dari kekasihku, yang dikirm lewat JNE dan pasti diterima orang tuaku karena aku jarang dirumah. Itu tak boleh terjadi!!! Itu tak boleh!!! aku malu, harus tau siapa kekasihku. Ini urusanku dengan …

Sakaw

Sakaw

Nyoret.com – Blak!… maaf-maaf,” kata Adira kepada cewek yang baru saja ditabraknya – ketika jalan-jalan di Jogja City Mall – malam itu. Sambil sesekali curi-curi pandang ke arah bulatan wajah putih cewek tadi – yang terbalut oleh masker warna pink – Adira menghentikan langkahnya. Sambil mendekatinya, Adira melanjutkan seraya menyapanya – memastikan permohonan maaf akan …

Di Perkotaan, Masjid Komplek Lebih Enak dibandingkan Masjid Kampung

Di Perkotaan, Masjid Komplek Lebih Enak dibandingkan Masjid Kampung

Nyoret.com – Semenjak tahun 2015, saya sudah menjadi seorang mahasiswa di UIN Jakarta. Sudah, nggak usah dihitung berapa lama jadi mahasiswanya, saya sedikit lagi juga sidang (insya Allah), jadi nggak usah nanya-nanya lagi, oke. Nah, semenjak jadi mahasiswa lah saya cukup banyak merasakan pengalaman mencari takjil di berbagai masjid saat menjelang berbuka puasa. Duit sih …

Mengenang atau Mengingat

Mengenang atau Mengingat

Nyoret.com – Sejarah merupakan hal yang tidak asing yang sering terdengar, baik itu sejarah Islam, sejarah Indonesiaa, sejarah nusantara, bahkan setiap individu mempunyai kehidupan yang terjadi di masa lampau bisa di sebut pula dengan sejarah. Sejarah itu sendiri berarti kejadian-kejadian atau peristiwa-peristiwa di masa lampau yang berhubungan dengan manusia yaitu terkait perubahan yang nyata di …

Sejarah Garuda Gegesik (Gruda) Cirebon

Sejarah Garuda Gegesik (Gruda) Cirebon

Nyoret.com – Halo sobat semua! Kali ini saya akan membahas mengenai sejarah sesuai dengan tema penulisan kali ini. Jadi setiap desa biasanya memiliki keunikan dari segi budaya maupun kepercayaan. Disini saya ingin mengenalkan mengenai sejarah Buyut Gruda di desa Gegesik yang terletak di Cirebon, Jawa Barat. Gruda dianggap sebagai benda pusaka oleh sebagian orang. Biasanya …

Sejarah Tanah Kelahiranku : Tanah Manggarai

Sejarah Tanah Kelahiranku : Tanah Manggarai

Nyoret.com – Ada sebuah daerah di Indonesia timur, yaitu daerah Manggarai dan kalau di bilang daerah ini daerah pelosok atau daerah terpencil tidak juga, di daerah Manggarai ini daerah tempat aku di lahirkan,di besarkan, dan  di sekolahkan adalah daerah Yang kaya akan budaya, bahasa dan kekayaan  alam yang lainnya. yang di mana daerah ini memiliki …